Dasar-Dasar Animasi Adobe Flash CS6

Implementasi pada Unsur Media Interaktif

Proses menggabungkan gambar, animasi, video, dan audio pada multimudia interaktif berbasis web berarti menggabungkan unsur media interaktif tersebut ke dalam sebuah situs web.

Implementasi unsur-unsur media interaktif pada Adobe Flash CS6 di antara sebagai berikut:

1. Menggabungkan Unsur Teks

Teks identik dengan simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe dengan berbagai macam ukuran dan warna. Pada dasar, langkah-langkah membuat animasi karakter sama dengan yang dilakukan dalam pembuatan animasi teks.

a. Menulis dan mengedit Text Tools

Langkah-langkah dalam membuat tulisan menggunakan Text Tools adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada menu File, kemudian klik New untuk memulai lembar kerja baru. Klik pada Text Tool sehingga kursor berubah menjadi tanda + pada saat diarahkan ke area stage. Klik pada stage, maka muncul kotak kosong sebagai berikut.
    Kotak Text Kosong Adobe CS6
  2. Pada saat menulis di dalam kotak Text, maka secara otomatis panjang kotak akan bertambah lebar sesuai panjang tulisan.
  3. Kotak Text dapat dirubah ukurannya dengan mengklik tahan blok handle pada pinggir kotak Teks.
  4. Tulisan yang ingin diubah harus diseleksi terlebih dahulu. Sedangkan cara untuk memasuki mode edit dilakukan dengan cara klik dua kali tulisan pada stage dengan Arrow Tool atau dengan klik satu kali di stage dengan Text Tool.
b. Penggunaan Panel

Penggunaan panel diawali dengan terlebih dahulu tulisan harus diseleksi agar teks dapat diubah. Beberapa panel yang dapat digunakan untuk menggabungkan unsur teks adalah sebagai berikut.

No.PanelKeterangan
1.Panel CharacterDapat digunakan dengan cara klik pada menu Window -> Panels -> Character, sehingga keluar panel text.
2.Panel ParagraphDapat digunakan untuk mengatur paragraf dengan klik menu Window -> Panels -> Paragraph.
3.Panel Text OptionDapat digunakan untuk membuat teks statis, form isian, dan link tulisan dengan target alamat URL.
c. Penggunaan Jenis Teks

Untuk menggunakan device font dapat menggunakan pilihan End-user Device Font, sedangkan pilihan Selectable digunakan jika end-user dapat menyoroti tulisan pada stage pada saat movie berjalan.

  1. Static Text
    Secara mendasar teks jenis ini bersifat statis atau hanya dapat dilihat saja. Cara membuat teks statis dengan mengklik menu Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Static Text.
  2. Dynamic Text
    Mempunyai sifat berubah-ubah tergantung dari perintah yang dibuat oleh pembuat program. Dibuat dengan cara klik menu Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Dynamic Text.
  3. Input Text
    Text jenis input digunakan untuk memasukkan teks ke dalam form. Dibuat dengan mengklik Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Dynamic Text.

2. Menggabungkan Unsur Gambar (Image)

Salah satu faktor yang paling menonjol pada sebuah situs web adalah penggunaan gambar yang tepat dan profesional, baik sebagai latar belakang maupun latar depan dari situs tersebut.

a. Import to Library

Import to Library digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam Library tanpa secara langsung memasukkan gambar tersebut ke dalam stage.

  1. Klik pada menu File → Import → Import to Library.
    Import to Library Adobe Flash CS6Import to Library Adobe Flash CS6
  2. Cari gambar yang ingin dimasukkan, dan klik tombol Open.
  3. Untuk melihat gambar yang sudah di-import ke Library dapat dilakukan dengan mengklik menu Window → Library (atau menekan tombol Ctrl + L).
  4. Untuk memasukkan gambar di Library kedalam stage dapat dilakukan dengan cara drag dan drop gambar tersebut.
b. Import to Stage

Untuk memasukkan gambar kedalam stage dan library.

  1. Klik pada menu File → Import → Import to Stage.
    Import to Stage Adobe Flash CS6Import to Stage Adobe Flash CS6
  2. Cari gambar yang ingin dimasukkan, dan klik tombol Open.

3. Menggabungkan Unsur Animasi

Tahap awal dalam menambahkan animasi pada Adobe Flash adalah menyiapkan gambar-gambar yang akan digerakkan. Berikut ini adalah contoh untuk membuat animasi sederhana.

  1. Pada contoh ini kita akan membuat animasi objek gambar bintang. Klik pada Polystar Tool.
    Polystar Tool Adobe Flash CS6Polystar Tool Adobe Flash CS6
  2. Klik Panel Properties ketika Polystar Tool masih aktif. Dan klik tombol Options.
    Tool option polystar tool Adobe Flash CS6Tool option polystar tool Adobe Flash CS6
  3. Akan muncul jendela Tool Settings. Pilih star pada pilihan style dan klik OK.
    Tool setting polystar tool Adobe Flash CS6Tool setting polystar tool Adobe Flash CS6
  4. Setelah itu buat gambar bintang pada stage.
  5. Pada jendela timeline di layer 1 klik kanan frame 55 dan pilih Insert Frame. Cara lain adalah pada jendela timeline di layer 1, pilih frame 55 kemudian pilih menu Insert → Timeline → Frame.
    Insert frame pada Timeline Adobe Flash CS6Insert frame pada Timeline Adobe Flash CS6
    Insert frame pada Timeline Adobe Flash CS6
  6. Pilih objeknya kemudian klik kanan frame 55 lalu pilih Create Motion Tween. Atau pilih objeknya kemudian pilih menu Insert → Motion Tween.
    Create motion tween Adobe Flash CS6Create motion tween Adobe Flash CS6
    Insert Motion Tween Adobe Flash CS6
  7. Ketika jendela Convert selection to symbol for tween muncul klik OK.
    Convert selection to symbol Adobe Flash CS6Convert selection to symbol Adobe Flash CS6
  8. Pilih objeknya kemudian pindahkan atau gerakkan objeknya ke posisi lain.
    Menggerakkan objek di Adobe Flash CS6Menggerakkan objek di Adobe Flash CS6
  9. Klik play atau tekan enter untuk memainkan atau menguji animasi objeknya.
    Klik play di Timeline pada Adobe Flash CS6Klik play di Timeline pada Adobe Flash CS6