Implementasi pada Unsur Media Interaktif
Proses menggabungkan gambar, animasi, video, dan audio pada multimudia interaktif berbasis web berarti menggabungkan unsur media interaktif tersebut ke dalam sebuah situs web.
Implementasi unsur-unsur media interaktif pada Adobe Flash CS6 di antara sebagai berikut:
1. Menggabungkan Unsur Teks
Teks identik dengan simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe dengan berbagai macam ukuran dan warna. Pada dasar, langkah-langkah membuat animasi karakter sama dengan yang dilakukan dalam pembuatan animasi teks.
a. Menulis dan mengedit Text Tools
Langkah-langkah dalam membuat tulisan menggunakan Text Tools adalah sebagai berikut:
- Klik pada menu File, kemudian klik New untuk memulai lembar kerja baru. Klik pada Text Tool sehingga kursor berubah menjadi tanda + pada saat diarahkan ke area stage. Klik pada stage, maka muncul kotak kosong sebagai berikut.
- Pada saat menulis di dalam kotak Text, maka secara otomatis panjang kotak akan bertambah lebar sesuai panjang tulisan.
- Kotak Text dapat dirubah ukurannya dengan mengklik tahan blok handle pada pinggir kotak Teks.
- Tulisan yang ingin diubah harus diseleksi terlebih dahulu. Sedangkan cara untuk memasuki mode edit dilakukan dengan cara klik dua kali tulisan pada stage dengan Arrow Tool atau dengan klik satu kali di stage dengan Text Tool.
b. Penggunaan Panel
Penggunaan panel diawali dengan terlebih dahulu tulisan harus diseleksi agar teks dapat diubah. Beberapa panel yang dapat digunakan untuk menggabungkan unsur teks adalah sebagai berikut.
No. | Panel | Keterangan |
---|---|---|
1. | Panel Character | Dapat digunakan dengan cara klik pada menu Window -> Panels -> Character, sehingga keluar panel text. |
2. | Panel Paragraph | Dapat digunakan untuk mengatur paragraf dengan klik menu Window -> Panels -> Paragraph. |
3. | Panel Text Option | Dapat digunakan untuk membuat teks statis, form isian, dan link tulisan dengan target alamat URL. |
c. Penggunaan Jenis Teks
Untuk menggunakan device font dapat menggunakan pilihan End-user Device Font, sedangkan pilihan Selectable digunakan jika end-user dapat menyoroti tulisan pada stage pada saat movie berjalan.
- Static Text
Secara mendasar teks jenis ini bersifat statis atau hanya dapat dilihat saja. Cara membuat teks statis dengan mengklik menu Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Static Text. - Dynamic Text
Mempunyai sifat berubah-ubah tergantung dari perintah yang dibuat oleh pembuat program. Dibuat dengan cara klik menu Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Dynamic Text. - Input Text
Text jenis input digunakan untuk memasukkan teks ke dalam form. Dibuat dengan mengklik Window → klik Panels → klik Text Option, dan diakhiri dengan klik pada Dynamic Text.
2. Menggabungkan Unsur Gambar (Image)
Salah satu faktor yang paling menonjol pada sebuah situs web adalah penggunaan gambar yang tepat dan profesional, baik sebagai latar belakang maupun latar depan dari situs tersebut.
a. Import to Library
Import to Library digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam Library tanpa secara langsung memasukkan gambar tersebut ke dalam stage.
- Klik pada menu File → Import → Import to Library.
- Cari gambar yang ingin dimasukkan, dan klik tombol Open.
- Untuk melihat gambar yang sudah di-import ke Library dapat dilakukan dengan mengklik menu Window → Library (atau menekan tombol Ctrl + L).
- Untuk memasukkan gambar di Library kedalam stage dapat dilakukan dengan cara drag dan drop gambar tersebut.
b. Import to Stage
Untuk memasukkan gambar kedalam stage dan library.
- Klik pada menu File → Import → Import to Stage.
- Cari gambar yang ingin dimasukkan, dan klik tombol Open.
3. Menggabungkan Unsur Animasi
Tahap awal dalam menambahkan animasi pada Adobe Flash adalah menyiapkan gambar-gambar yang akan digerakkan. Berikut ini adalah contoh untuk membuat animasi sederhana.
- Pada contoh ini kita akan membuat animasi objek gambar bintang. Klik pada Polystar Tool.
- Klik Panel Properties ketika Polystar Tool masih aktif. Dan klik tombol Options.
- Akan muncul jendela Tool Settings. Pilih star pada pilihan style dan klik OK.
- Setelah itu buat gambar bintang pada stage.
- Pada jendela timeline di layer 1 klik kanan frame 55 dan pilih Insert Frame. Cara lain adalah pada jendela timeline di layer 1, pilih frame 55 kemudian pilih menu Insert → Timeline → Frame.
- Pilih objeknya kemudian klik kanan frame 55 lalu pilih Create Motion Tween. Atau pilih objeknya kemudian pilih menu Insert → Motion Tween.
- Ketika jendela Convert selection to symbol for tween muncul klik OK.
- Pilih objeknya kemudian pindahkan atau gerakkan objeknya ke posisi lain.
- Klik play atau tekan enter untuk memainkan atau menguji animasi objeknya.