Gambar burung file 2

Contoh Animasi Adobe Flash CS6 – Animasi Burung

Berikut ini kita akan membuat contoh animasi burung. Jika anda baru pertama kali melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di tutorial ini tahapan demi tahapan. Jika anda sudah merasa mahir, anda dapat menjadikan tutorial ini sebagai bahan referensi.

  1. Buka program Adobe Flash dan buat file baru.
  2. Rubah besarnya dokumen dengan mengklik menu Modify → Document atau dengan menekan tombol Ctrl + J. Kemudian rubah nilai dimensions menjadi 1024 x 768 px.
  3. Rubah tampilan stage menjadi Fit in Window.
    Zoom fit in window Adobe Flash CS6Zoom fit in window Adobe Flash CS6
  4. Masukkan semua gambar burung yang sudah diproses ke dalam library dengan mengklik menu File → Import → Import to library.
    Library Adobe Flash CS6Library Adobe Flash CS6
  5. Tarik dan lepaskan file 1.png ke dalam stage. Posisikan gambar burung di sebelah kiri stage.
    Posisi burung 1Posisi burung 1
  6. Klik kanan pada frame ke 75 dan pilih Insert frame.
    Insert keyframe 75Insert keyframe 75
  7. Klik Insert → Insert Motion Tween, kemudian klik OK.
  8. Pindahkan posisi gambar burung dari sebelah kiri ke sebelah kanan.
    Pindah dari kiri ke kananPindah dari kiri ke kanan
  9. Tekan Enter untuk melihat animasinya. Jika melakukannya dengan tepat maka gambar burung akan bergerak dari kiri ke kanan.
  10. Sekarang kita akan menambahkan animasinya sehingga akan terlihat pergerakan dari objek burung ini.
  11. Klik dua kali gambar burung di stage. Kita akan membuat burung seolah-olah bergerak mengepakkan sayapnya dengan menambahkan gambar burung lainnya.
  12. Tarik dan posisikan gambar burung sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung, seperti terlihat di bawah ini.
    Gambar burung centeredGambar burung centered
  13. Klik kanan pada frame ke 3 dan pilih Insert Keyframe. Lakukan hal yang sama pada frame ke 5, 7, 9, 11, 13, dan 15.
    Insert Keyframe 15Insert Keyframe 15
  14. Klik kanan pada frame ke 16 dan pilih Insert Frame. Sehingga tampilan timeline akan seperti di bawah ini.
    Timeline 16 frameTimeline 16 frame
  15. Klik frame ke 3 atau 4, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 2.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) beda di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
    Gambar burung file 2Gambar burung file 2
  16. Klik frame ke 5, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 3.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  17. Klik frame ke 7, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 4.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  18. Klik frame ke 9, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 5.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  19. Klik frame ke 11, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 6.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  20. Klik frame ke 13, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 7.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  21. Klik frame ke 15, kemudian hapus gambar burung. Tarik dan lepaskan file 8.png yang berada di library ke dalam stage. Posisikan gambar sehingga guide (tanda plus) berada di badan burung. Besarkan gambar burung jika perlu.
  22. Tekan tombol Loop pada timeline dan atur seleksi pada timeline sehingga terpilih frame 1 sampai 16. Tekan tombol play pada timeline untuk melihat animasinya.
    Loop play burungLoop play burung
  23. Jika anda sudah puas dengan animasinya, kembali ke scene 1 dengan mengklik ikon Scene 1 di sebelah kiri atas stage.
    Back to Scene 1Back to Scene 1
  24. Jika anda menekan tombol play pada timeline dan gambar burung tidak terlihat mengepakkan sayapnya, jangan panik.
  25. Tekan tombol Ctrl + Enter untuk mengetes animasinya.
  26. Sekarang kita akan mempublish dan animasi burung ini. Klik pada menu File → Publish Settings.
    File publish settingsFile publish settings
  27. Pada jendela Publish Settings ada berbagai pengaturan. Ada pengaturan tentang format hasil publikasi Adobe Flash.
    Publish settingsPublish settings

    Format publikasi Adobe Flash:
    1. Flash (.swf). Adalah format standar Adobe Flash dimana anda dapat menampilkan animasi dan aplikasi berbasis flash.
    2. SWC. Atau Shockwave Component adalah sebuah paket simbol Flash dan kode ActionScript sebelum kompilasi yang memungkinan pengembang Flex dan Flash untuk mendistribusikan class dan asset, atau untuk menghindari proses kompilasi ulang simbol-simbol dan kode yang tidak akan berubah.
    3. HTML Wrapper. Untuk membuat sebuah file HTML yang akan “membungkus” file .swf sehingga dapat dijalankan pada browser. (Saat ini sebagian besar browser tidak lagi mendukung format Adobe Flash)
    4. GIF Image. Untuk membuat file berformat GIF, terdapat pilihan statis dan animasi. Statis digunakan untuk membuat serangkaian file GIF yang berurutan dengan komposisi 1 file GIF untuk 1 frame. Animate digunakan untuk membuat satu file GIF bertipe animasi.
    5. JPEG Image. Untuk membuat serangkaian file JPEG yang berurutan dengan komposisi 1 file JPEG untuk 1 frame.
    6. PNGImage. Untuk membuat serangkaian file PNG yang berurutan dengan komposisi 1 file PNG untuk 1 frame.
    7. Win Projector. Untuk membuat file eksekusi yang dapat langsung dijalankan di Windows tanpa harus menginstal Flash Player. (Hanya bisa dijalankan pada sistem operasi sebelum Windows 10 atau pada Windows 10 yang belum pernah atau jarang di-update).
    8. Mac Projector. Untuk membuat file eksekusi yang dapat langsung dijalankan di Mac tanpa harus menginstal Flash Player. (Hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Mac yang lama).
  28. Pada tutorial ini kita hanya akan mempublish kedalam format .swf. Jadi, centang di opsi Flash (.swf) dan hapus centang di format lainnya. Klik ikon folder untuk mengubah folder tujuan jika perlu. Untuk pengaturan lainnya kita bisa menggunakan nilai bawaannya. Klik Publish untuk mulai membuat file .swf.
  29. Anda dapat langsung membuka file tersebut di explorer jika komputer anda sudah terinstal program Flash Player.
  30. Supaya animasi anda dapat dimainkan di komputer lainnya, disarankan agar anda mengkonversi file .swf tersebut menjadi format avi atau mov. Dan untuk mempermudah proses import ke dalam media pembelajaran interaktif anda.
  31. Klik pada menu File → Export → Export Movie.
    Export movie Adobe Flash CS6Export movie Adobe Flash CS6
  32. Pada jendela Export Movie, pilih folder tujuan dan nama file-nya. Pilih tipe file menjadi Windows avi atau QuickTime. Kalau anda menginginkan file video dengan kompabilitas tertinggi, pilih Windows avi. Kalau anda menginginkan kualitas, pilih QuickTime, akan tetapi tidak semua komputer dengan sistem operasi Windows dapat memainkan file berformat QuickTime. Klik Save untuk mulai mengekspor video.
    Jendela Export MovieJendela Export Movie

    Rubah nilai width dan height sehingga sama dengan besarnya lebar dan tinggi animasi anda. Pilih 24 bit color pada video format dan hapus ceklist Compress video jika anda ingin kualitas maksimal dari format avi ini. Jika animasi anda mempunyai efek suara, musik atau audio lainnya, pilih format suara yang tepat pada pilihan Sound format. Jika tidak ada audio, pilih Disable pada pilihan Sound format. Klik OK untuk melanjutkan.
  33. Jika anda memilih Windows avi, maka akan tampil jendela berikut ini.
    Export Windows aviExport Windows avi

    Rubah nilai width dan height sehingga sama dengan besarnya lebar dan tinggi animasi anda. Pilih 24 bit color pada video format dan hapus ceklist Compress video jika anda ingin kualitas maksimal dari format avi ini. Jika animasi anda mempunyai efek suara, musik atau audio lainnya, pilih format suara yang tepat pada pilihan Sound format. Jika tidak ada audio, pilih Disable pada pilihan Sound format. Klik OK untuk melanjutkan.
  34. Jika anda memilih QuickTime, maka akan tampil jendela berikut ini.
    QuickTime export settingsQuickTime export settings

    Pilih When last frame is reached supaya video anda akan berhenti pada frame terakhir. Pilih In memory jika animasi anda berdurasi pendek. Pilih On disk jika animasi anda berdurasi panjang. Anda dapat memilih pengaturan QuickTime yang lebih lanjut pada tombol QuickTime Settings.
    QuickTime movie settingsQuickTime movie settings
  35. Anda dapat memainkan video hasil eksport ini di program media player pilihan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.