Mengevaluasi Produk Web – Jenis Situs Web dan Paramater Situs Web

A. Produk Web

Sebuah situs web umumnya diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada setidaknya satu web server. Sebuah situs web umumnya bisa diakses melalui IP Public (alamat IP yang bisa diakses langsung melalui internet), menggunakan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamat referensinya. Secara mendasar, situs web dibagi menjadi dua, yaitu situs web statis dan dinamis. Sedangkan fungsi situs web itu sendiri ditentukan oleh masing-masing pemilik web. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi situs web.

1. Company Profile

Situs web company profile adalah sebuah situs web yang menampilkan sebuah profile perusahaan, biasanya berisi perkenalan tentang perusahaan itu dan bisnisnya, visi dan misi, layanan atau produknya, klien dan konsumennya, dan hal-hal lain yang dianggap penting.

2. Marketplace, E-Commerce, dan Toko Online

Marketplace adalah sebuah situs web yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Marketplace sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Marketplace merupakan website pihak ketiga yang bertindak sebagai perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli di internet.

Situs e-commmerce adalah situs web yang digunakan untuk menjual produk-produk dari pemilik situs web. Produk di sini bisa terbatas pada satu brand atau bisa bermacam-macam produk dari berbagai brand. Namun, produk tersebut tetaplah dijual oleh satu penjual saja, yakni si pemilik situs web itu sendiri.

Toko Online (online shop) adalah tempat dimana terjadinya suatu transaksi penjualan barang atau jasa di internet. Sedikit berbeda dengan situs e-commerce, toko online tidak harus ada pada website. Anda juga bisa membuka toko online di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

3. Archive

Situs web archive (arsip) adalah sebuah situs web yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengarsipkan data dan informasi. Data dan informasi ini bisa berasal dari sumber offline atau online.

Salah satu situs web arsip (archive) terbesar di Internet adalah Internet Archive. Internet Archive adalah sebuah situs web organisasi yang bertujuan untuk mengarsipkan semua isi situs web yang berada di Internet. Tidak hanya isi situs web, Internet Archive juga mengarsipkan buku, surat kabar, dan siaran televisi.

4. Dating

Merupakan situs web yang bertujuan untuk membantu penggunanya untuk menemukan dan memperkenalkan diri ke pengguna lainnya dengan tujuan akhir untuk berkencan dan/atau untuk menikah.

5. Government

Adalah situs web resmi milik pemerintah yang biasanya mempunyai domain gov (untuk pemerintah Amerika Serikat). Untuk Indonesia, dengan nama domain gov.id. Situs web ini bisa dimiliki oleh pemerintah pusat suatu negara atau pemerintah lokal, atau suatu institusi dan badan pemerintah. Biasanya situs web pemerintah bertujuan untuk memberikan suatu informasi yang bersifat resmi tentang kebijakan, peraturan perundang-undangan, dan peraturan-peraturan lainnya. Selain itu, situs web pemerintah bisa juga menampilkan informasi mengenai suatu daerah, mulai dari data-data statistik, geografis, adat istiadat, budaya dan lain sebagainya.

6. Personal

Situs web jenis ini adalah sebuah situs web yang dimiliki oleh seorang individu atau kelompok kecil yang berisikan informasi dan konten yang memang diinginkan oleh si pemilik situs web.

7. Entertainment

Sebuah situs web yang berhubungan dengan hiburan (entertainment). Biasanya situs jenis ini mempunyai konten promosi, game (offline maupun online), film, bioskop, aktris/aktor, penyanyi, group band, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan dunia hiburan (entertainment).

8. News Portal

Merupakan sebuah situs web yang menyajikan berita-berita mulai dari kejadian/event, politik, ekonomi, hukum, teknologi, opini, dan lain sebagainya. Dari berita-berita “berat” sampai berita-berita “ringan” seperti fashion dan infotainment.

9. Blog

Adalah sebuah situs web dimana seseorang dapat menuangkan ide, ekspresi, dan opini mereka tentang berbagai hal mulai dari politik dan ekonomi sampai ke pembahasan video game misalnya.

10. Community

Merupakan sebuah situs web tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan komunitas. Di situs ini, pengguna dapat saling bertukar informasi dan berdebat mengenai topik-topik tertentu dan juga membentuk grup-grup untuk bersosialisasi. Biasanya situs komunitas ini dibagi menjadi berbagai kategori dan topik sesuai dengan minat, perhatian dan kepentingan masing-masing penggunanya. Situs komunitas ini bisa berbentuk newsgroup, mailing-list, atau forum.

11. Educational

Situs web yang dijadikan sebagai sarana kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Situs web jenis ini juga dapat dijadikan sebagai sarana berkomunikasi dan menyebarkan informasi tentang pendidikan dari pembuat kebijakan (pemerintah), institusi pendidikan, dan pihak-pihak berkepentingan termasuk pengajar (guru dan dosen) dan peserta didik.

12. Search Engine

Merupakan situs web yang bertujuan untuk mengumpulkan daftar situs web yang dapat ditemukan di seluruh jaringan Internet ke dalam basis data. Pengguna dapat mencari data dan informasi yang diinginkannya dengan memasukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian yang tersedia pada situs web mesin pencari ini. Secara garis besar, mesin pencari akan mencari kedalam basis datanya atas halaman-halaman situs web yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna menggunakan kode-kode alogaritma tertentu dan menampilkan hasilnya kepada pengguna tersebut.

13. Gallery

Situs web jenis ini dirancang untuk menampilkan kumpulan foto, gambar, karya seni, atau karyakarya lainnya yang diklasifikasikan dan dapat dicari (search) mengunakan kategori, tag, dan logika peng-indeks-an lainnya. Situs jenis ini bisa bersifat komersil atau non-komersial tergantung pada pemilik situs dan pemilik karya yang ditampilkan pada situs web.

14. Social Media

Situs web media sosial memungkinkan pengguna untuk saling bertukar informasi yang terdapat dalam berbagai macam konten (teks, gambar, foto, audio, dan video). Dalam situs web media sosial, pengguna juga dapat berkenalan dengan pengguna lain walaupun terpisah jarak yang sangat jauh.

15. Social Bookmarking

Situs web yang dimana pengguna saling berbagi konten dari Internet, kemudian memberi peringkat dan komentar terhadap konten tersebut.

16. Social News

Situs web berita sosial menyajikan postingan pengguna yang dapat diberikan peringkat berdasarkan popularitasnya. Pengguna lainnya juga dapat memberikan komentar postingan-postingan tersebut. Situs web jenis ini digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis informasi termasuk berita, cerita lucu, diskusi, dan lain-lain.

B. Parameter Situs Web

Pada dasar, situs (web) bisa diterjemahkan sebagai sebuah produk teknologi informasi yang paling populer, meskipun banyak dijumpai website-website yang hadir tanpa disertai kualitas bagus sehingga kurang mampu menyampaikan informasi yang dibawa. Website yang memanfaatkan elemen-elemen desain yang menarik, lebih memungkinkan untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan, niat seseorang yang positif, loyalitas, dan sumber referensi (patronase berkelanjutan). Oleh sebab, untuk mengevaluasi sebuah website bisa menggunakan parameter tertentu sebagai acuan dalam penilaian. Namun demikian, hal mendasar yang harus dipahami adalah banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website, tetapi secara umum terdapat beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website sebagai berikut.

1. Accessibility

Parameter accessibility adalah parameter yang menjelaskan seberapa baik sebuah website jika dilihat dari aspek pengaksesan. Misalnya website tersebut dapat diakses menggunakan teknologi terbaru seperti contoh melalui ponsel atau smartphone.

  1. Cara terbaik untuk memastikan bahwa suatu situs dapat diakses adalah dengan perencanaan matang, pengembangan, pengujian, dan evaluasi.
  2. Memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan baik oleh user, termasuk divable (orang-orang penyandang cacat).

2. Content

Content harus menarik, relevan, dan sesuai untuk target yang dituju. Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan berhubungan dengan content antara lain:

  1. Apakah setiap content memiliki judul dan penulisnya dapat diidentifikasi dengan baik?
  2. Apakah focus pada content yang dihasilkan?
  3. Apakah content-nya serius atau hanya bercanda?
  4. Apakah content yang ada masuk kategori edisi terbaru dan edisi yang sedang eksis?
  5. Tanggal berapa content itu di-publish?
  6. Apakah ada content yang terbaru?

3. Readibility

Parameter readibility berhubungan dengan kenyamanan isi situs web pada saat dibaca dan kemudahan pengakses dalam membaca, mengerti, dan memahami isi situs tersebut.

4. Speed

Semakin cepat sebuah situs web melakukan loading time pastinya akan semakin baik. Pengunjung situs web cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs web, dan cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat membuka situs yang lambat diakses.

5. Technology

Teknologi sebagai sebuah paramater yang berhubungan aplikasi yang digunakan dalam pengembangan website tersebut, misalnya teknologi yang digunakan dalam segi mendesain website dan komposisi desain yang dibangun, juga dalam hal sistem dari web server dan konfigurasi server tempat situs web tersebut.

6. Credibility

Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Credibility antara lain sebagai berikut:

  1. Apakah kontennya kredibel (dapat dipercaya) dan memiliki otoritas?
  2. Apakah pengelola (owner) mudah diidentifikasi dan nyata?
  3. Apakah domain extension-nya mencerminkan publisher dari website?

Kredibilitas berhubungan erat dengan tingkat kepercayaan pengunjung dan pengguna terhadap konten situs web. Idealnya, konten sebuah situs web harus berisi dengan informasi dan data yang aktual, faktual, dan benar.

7. Critical Thingking

Beberapa pertanyaan berhubungan dengan Critical Thingking antara lain sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah website tersebut dapat menerapkan kemampuan dan pemikiran yang matang dalam membangun dalam ranah kemampuan dan pengalaman?
  2. Apakah pembuat, publisher, dan edisi dapat diidentifikasi dengan mudah?
  3. Kriteria apa saja yang bisa dijadikan evaluasi web tersebut?

Critical thinking adalah kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Critical thinking mencakup kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri.

Idealnya konten suatu situs web sudah melewati tahapan dan proses critical thingking (berpikir secara kritis) oleh pembuat konten, pemilik situs web dan pihak-pihak yang berkepentingan. Proses tersebut antara lain, melakukan analisa, penalaran, dan pengumpulan terhadap informasi-informasi yang dibutuhkan.

8. Copyright

Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Copyright antara lain sebagai berikut:

  1. Ketika terdapat tulisan atau konten yang di-update, bagaimana dengan copyright-nya?
  2. Apakah hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan?

Copyright mengacu pada hak hukum dari pemilik kekayaan intelektual. Dalam istilah yang lebih sederhana, Copyright adalah hak untuk menyalin. Ini berarti bahwa pembuat asli produk dan siapa pun yang mereka beri otorisasi adalah satu-satunya yang memiliki hak eksklusif untuk mereproduksi karya tersebut.

Copyright adalah kumpulan hak yang secara otomatis diberikan kepada seseorang yang membuat karya asli dari penulis – seperti karya sastra, lagu, film, atau perangkat lunak. Hak-hak ini termasuk hak untuk memperbanyak karya, menyiapkan karya turunan, mendistribusikan salinan, dan menampilkan serta menampilkan karya secara publik.

Dalam pembuatan suatu website harus memperhatikan kepemilikan copyright dari masing-masing elemen website tersebut, mulai dari sistem server dan website-nya sampai dengan kontennya.

9. Citation

Citation (sitasi/kutipan) adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seseorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Kutipan sangat penting dalam karya ilmiah dan dalam pembuatan konten situs web, terutama untuk menunjukkan apakah sebagian atau seluruh isi tulisan atau konten dalam situs hasil dari pemikiran atau karya sendiri ataukah hasil pemikiran atau karya orang lain. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Citation antara lain sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah dasar hukum dari tulisan yang dimuat?
  2. Apakah isi website tersebut merupakan kutipan dari media lain atau karyanya sendiri?

10. Continuity

Continuity berhubungan dengan tingkat keberlangsungan hidup dari konten situs web dan situs web itu sendiri. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Continuity antara lain sebagai berikut:

  1. Apakah mudah mendapatkan informasi ketika ada perubahan domain atau penggantian domain extention?
  2. Apakah websitenya akan terus dirawat dan di-update?
  3. Ketika ada kontennya yang bersambung, apakah ada sambungannya di edisi selanjutnya?

11. Censorship

Censorship berhubungan dengan sensor atau larangan-larangan terhadap teks, gambar, foto, audio, dan video tertentu yang dilarang pada situs web. Hal ini biasanya berhubungan erat dengan kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan tempat situs web dan web server itu berada.

Censorship di sini juga berhubungan dengan perlindungan data dan informasi pengunjung, pengguna, administrator, dan pemilik situs. Perlindungan ini juga meliputi perlindungan data, informasi, dan sistem dari situs web itu sendiri. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Censorship antara lain sebagai berikut:

  1. Apakah semua keyword diijinkan untuk di-crawl oleh mesin pencari?
  2. Apakah forum dimoderasi atau tidak?
  3. Apakah terdapat privasi terhadap data pengunjung (visitor) yang masuk?
  4. Apakah terdapat pembatasan untuk institusi yang terkait dengan visi dan misi?

12. Connectivity

Connectivity adalah tingkat konektivitas antara situs web dengan pengunjung situs web. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Connectivity antara lain sebagai berikut:

  1. Bagaimana respon situs web jika banyak pengunjung yang mengakses? Apakah semua fitur tetap berfungsi?
  2. Apakah situs web bisa diakses menggunakan berbagai model koneksi internet?
  3. Apakah semua pengunjung harus menggunakan peramban yang mendukung animasi dan grafik?
  4. Jika pengunjung menggunakan peramban dengan mode text, apakah ada perangkat lunak khusus untuk melihat konten situs web?

13. Comparability

Comparability adalah tingkat kesebandingan di antara satu konten dengan konten lainnya di situs web dan tingkat kesebandingan konten dengan hal-hal lain seperti kesebandingan situs web dengan peramban, media penyimpanan, statistik, dan lain sebagainya. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Comparability antara lain sebagai berikut:

  1. Apakah situs web memiliki kekomparasian dan kelengkapan informasi?
  2. Apakah situs web mudah disimpan dalam media penyimpanan lain?
  3. Apakah konten situs web terlama dan terbaru dapat dicari?
  4. Apakah ada pencocokan data statistik?

14. Context

Context adalah tingkat hubungan kontekstual di antara satu konten dengan konten lainnya di situs web. Beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Context antara lain sebagai berikut:

  1. Apakah pengunjung mudah menemukan konten-konten yang saling berhubungan dalam situs web?
  2. Apakah situs web mempunyai kesamaan konteks dalam konten-kontennya?

Daftar Pustaka:

  1. Ricky Firmansyah. 2019. Desain Media Interaktif SMK/MAK untuk Kelas XII. Bandung: HUP.
  2. Siwi Widi Asmoro dan Joko Pramono. 2019. Desain Media Interaktif SMK/MAK Kelas XII. ompetensi Keahlian Multimedia. Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  3. Mengenal tentang IP Public. https://www.jagoweb.com/mengenal-tentang-ip-public
  4. 7+ Perbedaan Ecommerce, Marketplace dan Online Shop. https://www.niagahoster.co.id/blog/ecommerce-vs-marketplace-vs-online-shop/
  5. Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?https://www.dewaweb.com/blog/online-shop-marketplace-dan-e-commerce-apa-bedanya/
  6. About the Internet Archive. https://archive.org/about/
  7. Critical Thinking: Pengertian, Manfaat & Cara Membentuknya. https://www.linovhr.com/critical-thinking/
  8. Pahami Bagaimana Definisi dan Produk yang Bisa Memiliki Copyright. https://glints.com/id/lowongan/copyright-adalah/
  9. Copyright. https://www.investopedia.com/terms/c/copyright.asp
  10. What is copyright? https://copyrightalliance.org/ca_faq_post/what-is-copyright/
  11. Menghindari pembuatan konten duplikat. https://developers.google.com/search/docs/advanced/guidelines/duplicate-content?hl=id
  12. Kutipan (Citation). https://titaviolet.wordpress.com/2011/05/16/kutipan-citation/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.