Mengenal Interface Pembuatan Soal – Untuk Pengajar

Pendahuluan

Artikel ini adalah lanjutan dari “Tutorial Membuat Test”. Dalam tutorial ini anda mengenal interface pembuatan soal dan mengenal berbagai macam jenis soal yang dapat anda buat di platform Chamilo ini.

Interface Pembuatan Soal

Setelah anda selesai mengatur pengaturan test/latihan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Atau ketika anda mengklik ikon edit pada test/latihan yang mana anda akan membuat soal.

Tampilan halaman membuat soal
Tampilan halaman membuat soal

Untuk membuat soal yang baru anda dapat mengklik salah satu dari ikon berikut ini (pastikan anda mengklik ikon yang sesuai dengan jenis soal yang akan anda buat).

Kembali ke tests tool Untuk kembali ke halaman test/latihan
Preview Untuk meninjau ulang atau mencoba test/latihan
Skor dan umpan balik Untuk melihat hasil skor dan umpan balik semua siswa yang sudah mencoba untuk mengerjakan test/latihan
Mengubah pengaturan test Untuk mengubah pengaturan test/latihan

Untuk membuat soal yang baru anda dapat mengklik salah satu dari ikon berikut ini (pastikan anda mengklik ikon yang sesuai dengan jenis soal yang akan anda buat).

Pilihan ganda (jawaban unik) Untuk membuat soal pilihan ganda dengan satu pilihan jawaban yang benar.
Pilihan ganda dengan jawaban ganda Untuk membuat soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang benar lebih dari satu
Mengisi titik-titik Untuk membuat soal mengisi titik-titik (dengan jawaban singkat, 1 sampai 4 kata saja)
Menjodohkan Untuk membuat soal jenis menjodohkan.


Jawaban bebas Untuk membuat soal essay (jawaban bebas). Anda harus secara manual mengkoreksi soal jenis ini.
Oral expression Untuk membuat soal yang dijawab secara oral (suara). Siswa harus merekam suaranya untuk menjawab soal jenis ini. Diskusikan dengan admin jika anda ingin membuat soal jenis ini.
Hotspot Untuk membuat soal dengan gambar. Pada soal jenis ini siswa diharapkan untuk menulis nama, deskripsi, atau fungsi pada bagian gambar yang sudah anda tandai.
Exact Selection Untuk membuat soal jenis pilihan ganda dengan pilihan-pilihan jawaban yang harus dijawab dengan tepat. Contohnya soal dengan pilihan jawaban A, B, C, dan D, jawaban yang benar adalah B dan D. Jika siswa menjawab A dan B, maka jawaban akan dianggap salah. Jika dan hanya jika siswa menjawab B dan D, maka jawaban soal akan dianggap benar
Unique answer with unknown Jika anda ingin mengindikasikan mana siswa yang tidak tahu jawaban yang benar, daripada hanya menebak-nebak jawaban yang benar. Soal jenis ini mirip dengan soal pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar. Bedanya pada soal jenis ini, akan ada pilihan jawaban “Tidak tahu” pada pilihan terakhir, dengan skornya yang otomatis “nol”. Pengajar dapat mencegah siswa menebak jawaban yang benar dengan memberikan skor minus pada jawaban yang salah.
Multiple answer true/false/don't know Jenis soal ini adalah kombinasi jenis soal “tidak tahu” dengan jenis soal pilihan jawaban “benar” atau “salah” yang mempunyai beberapa pernyataan.
Multiple answer true/false/degree of certainty Jenis soal ini adalah soal dengan pilihan jawaban “benar” atau “salah. Anda dapat membuat lebih dari satu pernyataan.
Combination true/false/don't-know Pada jenis soal ini siswa diharapkan memilih pernyataan yang benar dari beberapa pernyataan yang disediakan, bisa ditambah dengan opsi pilihan “tidak tahu”
Global multiple answer Pada jenis soal ini siswa diharapkan memilih pernyataan yang benar dari beberapa pernyataan yang disediakan, dan ada opsi supaya skor siswa pada soal jenis ini tidak akan minus.
Calculated question Jenis soal ini adalah soal matematika dimana siswa harus menjawab soal dengan rumus matematika. (Harus dengan rumus matematika bahasa Inggris, karena belum ada terjemahan rumus matematika bahasa Indonesia dalam platform Chamilo)
Unique answer image Jenis soal pilihan ganda satu pilihan jawaban yang benar dengan menggunakan pilihan jawaban berupa gambar (yang sudah ditentukan besarnya).
Sequence ordering Jenis soal dengan pilihan jawaban berurutan, dimana siswa harus mengurutkan pilihan-pilihan jawaban menjadi suatu urutan yang benar.
Match by dragging Jenis soal menjodohkan dimana siswa harus menjodohkan pilihan jawaban dengan cara menarik satu pilihan jawaban ke pilihan jawaban “jodohnya” (clik and drag).
Annotation Jenis soal dimana siswa harus menandai satu atau beberapa bagian dari gambar.
Reading comprehension Jenis soal ini adalah untuk menilai kecepatan dan ketepatan siswa dalam membaca dan memahami suatu narasi teks yang sangat panjang. Narasi akan ditampilkan dengan kecepatan mulai dari 50 kata per menit sampai 600 kata per menit. Setelah narasi telah selesai ditampilkan dan disembunyikan kembali, siswa harus menjawab pertanyaan dari pengajar. Jenis pertanyaannya adalah pilihan ganda dengan satu pilihan jawaban yang benar.
Ambil pertanyaan dari latihan lain Fitur ini adalah untuk mengimpor soal/pertanyaan dari test/latihan yang lain. Soal yang dapat diimport dengan fitur ini adalah soal-soal yang telah anda buat di mapel ini atau di mapel-mapel yang mana anda adalah pengajarnya.

Demikianlah tutorial “Mengenal Interface Pembuatan Soal – Untuk Pengajar” saya buat. Semoga berguna bagi semua pembaca. Nantikan kelanjutan tutorial ini di denny.id

Daftar Pustaka

  1. https://docs.chamilo.org/en/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.