Kategori: Desain Media Interaktif | Tanggal posting: 2020-08-05 22:35:05 | Tanggal pengkinian: 2020-08-10 12:48:44 | Diposting oleh: Denny Muhardjo
Perancangan Multimedia Interaktif, struktur navigasi dan flowchart
Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol serta dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Ciri khas dari multimedia interaktif adalah mempunyai beberapa navigasi menggunakan GUI (Graphical User Interface), baik berupa icon, button, pop-up menu, scroll bar, dan lainnya, yang dapat dioperasikan oleh pengguna sebagai sarana untuk menjelajah berbagai jendela informasi dengan bantuan saran hyperlink.
Tahap-tahap perancangan multimedia interaktif:
Struktur linier merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berurut. Biasanya digunakan untuk multimedia presentasi karena tidak diperlukan adanya interaksi, hanya menampilkan data atau informasi saja.
Struktur navigasi hierarchical (hirarki/bercabang/bertingkat) adalah suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan informasi yang berdasarkan kriteria tertentu. Informasi pada halaman utama disebut parent dan informasi pada cabangnya disebut child.
Struktur linier merupakan pengembangan dari struktur navigasi hirarki. Perbedaannya ada pada percabangannya, struktur linier walaupun terdapat percabangan akan tetapi setiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama tidak ada master page dan slave page.
Struktur composite merupakan struktur gabungan dari ketiga struktur sebelumnya. Struktur ini juga disebut dengan struktur navigasi bebas. Kelebihan dari struktur navigasi ini adalah suatu aplikasi mampu memberikan keterkaitan informasinya lebih baik.
Flowchart adalah desain model alur berpikir isi program/aplikasi. Tujuan flowchart adalah mendapatkan suatu alur kerja yang komunikatif, mengetahui suatu alur dan jalur proses kerja yang dapat dengan mudah dipahami dan dilalui serta diikuti oleh pengguna secara menyeluruh dan bermakna.
Tujuan flowchart:
Bentuk | Nama | Keterangan |
Garis atau tanda panah | Menunjukkan urutan proses. Tanda panah digunakan untuk aliran yang tidak standar yaitu aliran yang bukan aliran dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. | |
Terminal | Menunjukkan awal atau akhir dari program atau sub-proses. Biasanya berisi kata “Mulai” atau “Selesai”. Atau istilah lain yang menunjukkan dimulainya atau diakhirinya proses. | |
Proses | Mewakili sebuah operasi yang akan merubah nilai, bentuk, atau lokasi dari data. | |
Keputusan | Menunjukkan operasi kondisional yang menentukan satu dari dua jalur yang akan dipakai program. Operasi ini biasanya adalah pertanyaan “ya/tidak” atau “benar/tidak”. | |
Input/Output | Menunjukkan proses peng-input-an dan peng-output-an data, contohnya untuk memasukkan atau menampilkan data. | |
Anotasi (komentar) | Mengindikasikan informasi tambahan tentang suatu langkah di dalam program. Digambarkan dengan sebuah segi empat terbuka dengan garis utuh atau garis putus-putus yang menghubungkannya dengan simbol tertentu di flowchart. | |
Predefined process | Predefined process (proses yang sudah ditentukan sebelumnya) menunjukkan proses yang sudah didefinisikan di tempat lain. | |
On-page Connector | On-page Connector (konektor di dalam satu halaman) adalah sepasang konektor berlabel yang digunakan untuk menggantikan garis yang panjang atau yang membingungkan. Digambarkan dengan lingkaran kecil dengan sebuah huruf di dalamnya. | |
Off-page Connector | Off-page Connector (konektor di luar halaman) adalah konektor berlabel yang digunakan ketika targetnya berada di halaman lain. |
Bentuk | Nama | Keterangan |
File data atau basis data | Data yang diwakili oleh silinder (disk drive). | |
Dokumen (tunggal) | Dokumen tunggal. | |
Dokumen (lebih dari satu) | Dokumen yang jumlahnya lebih dari satu. | |
Operasi Manual | Menunjukkan suatu operasi atau penyesuaian proses yang hanya bisa dilakukan secara manual. | |
Input Manual | Input manual | |
Persiapan atau Inisialisasi | Awalanya digunakan untuk langkah-langkah seperti menyiapkan saklar atau menginisialisasi sebuah routine (serangkaian kode yang digunakan berkali-kali dalam sebuah program). |
Flowchart juga bisa dikatakan sebagai perencanaan suatu tindakan atau perencanaan atas kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi.
Flowchart dibutuhkan dalam kehidupan sebagai penyederhanaan rencana dari tindakan-tindakan yang akan kita lakukan. Ketika ingin melakukan sesuatu jangan terlalu banyak berharap bahwa semua tindakan akan berjalan lancar, pasti akan ada kesulitan atau rintangan-rintangan. Dengan melakukan suatu perencanaan kita bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu ketika ada kesulitan/rintangan/hambatan yang menghadang.
Buat perencanaan (hidup) dengan hasil akhir yang ideal terlebih dahulu, kemudian baru pikirkan tentang kesulitan/rintangan/hambatan yang mungkin terjadi. Pikirkan apa yang harus dilakukan ketika muncul suatu kesulitan/rintangan/hambatan. Pikirkan apa solusi idealnya, apa solusi yang realistis, dan apa yang harus dilakukan jika tidak menemukan solusinya.
"Hidup ini butuh perencanaan karena hidup ini adalah pilihan"
Pada gambar flowchart di atas, tergambar flowchart tentang perencanaan pergi ke sekolah menggunakan sepeda. Dalam flowchart ini bisa dilihat walaupun sudah berancana naik sepeda, sudah dipersiapkan untuk kemungkinan jika sepeda dalam kondisi tidak baik atau tidak layak maka harus menggunakan pilihan naik angkot, naik ojek atau menggunakan pilihan lainnya.
Penjelasan logika flowchart pergi ke sekolah menggunakan sepeda:
Pada gambar flowchart di atas, tergambar flowchart tentang perencanaan seseorang untuk makan sarapan. Di flowchart ini dimulai dengan memeriksa apakah sarapan sudah tersedia, kemudian dipersiapkan rencana jika tidak ada sarapan apa yang harus dilakukan. Dipersiapkan rencana memasak sarapan dan beli sarapan jika memang sarapan tidak tersedia, juga dipersiapkan rencana untuk tidak sarapan
Penjelasan logika flowchart makan sarapan:
Di sini kita akan mempelajari bagaimana membuat flowchart untuk form login menggunakan contoh gambar form login di atas.
Pada gambar flowchart di atas tergambar alur ketika seorang pengguna ingin masuk atau login ke dalam sistem. Di sini digambarkan apa yang akan terjadi ketika pengguna salah memasukkan username, password, dan menceklis Google Re-Captch. Dan tergambar pengecekan berapa kali pengguna bisa mencoba untuk masuk atau login.
Penjelasan flowchart form login: