Konsep Multimedia Interaktif

Kategori: Desain Media Interaktif | Tanggal posting: 2020-08-02 12:23:48 | Diposting oleh: Denny Muhardjo


Dasar-dasar konsep multimedia interaktif


Konsep Multimedia Interaktif

 

Multimedia menurut kata perangkainya yaitu multi (lebih dari satu) dan media (medium atau perantara), maka multimedia adalah sesuatu yang mempunyai lebih dari satu media. Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat.

Interaktif adalah suatu kegiatan yang membutuhkan atau menghasilkan interaksi, baik dua arah maupun satu arah.

Multimedia interaktif adalah suatu media elektronik yang menampilkan suatu tampilan berupa teks, audio, dan gambar yang dikemas dengan interaksi tertentu.

Multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggambungkan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan menggambungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi, baik berbasis halaman web maupun media interaktif.

 

Fungsi Media Interaktif:

  1. Fungsi Pembelajaran. Contohnya: simulasi pengoperasian suatu alat atau kegiatan.
  2. Fungsi Hiburan. Contohnya: permainan/game.
  3. Fungsi Komunikasi Perusahaan. Biasanya berisikan company profile suatu perusahaan/individual/instansi. Dalam company profile ini ditampilkan visi, misi, tujuan, serta informasi-informasi mengenai suatu perusahaan yang bertujuan menyampaikan keberadaan perusahaan tersebut.

 

Multimedia Authoring Tools adalah paket perangkat lunat yang dapat dipergunakan untuk membuat dan/atau menyampaikan konten multimedia kepada pengguna.

Contoh multimedia authoring tools:

  1. Microsoft Power Point. Adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membuat dan menampilkan suatu presentasi.
  2. Adobe Flash. Selain dapat digunakan untuk membuat gambar vektor dan animasi, juga dapat membuat media interaktif. Keunggulan dan dari Adobe Flash adalah mampu diberikan sedikit kode pemograman, baik berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya, atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain, seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML. Setelah tanggal 31 Desember 2020 Adobe Flash akan memasuki masa "end of life", bisa diartikan bahwa Adobe tidak lagi mendukung dan mendistribusikan Adobe Flash. Dan setelah tanggal ini peramban-peramban (seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer, Microsoft Edge, dan Opera) dan sistem operasi (seperti Windows, MacOs, dan Linux) akan secara langsung atau bertahap tidak lagi mendukung Adobe Flash.
  3. HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheet). Adalah bahasa markup inti untuk dokumen-dokumen yang didesain untuk ditampilkan pada peramban.  
  4. PHP (PHP: Hypertext Preprocessor). Pada awalnya PHP adalah kepanjangan dari Personal Home Page (Halaman Beranda Pribadi/Personal), sekarang PHP mempunyai arti PHP: Hypertext Preprocessor. PHP adalah bahasa skrip bertujuan umum yang sangat cocok untuk pengembangan web karena di dalamnya sudah tertanam HTML.

 

Daftar Pustaka:


Affiliates:

Cloudmatika | Instant Trusted Advance Ardhosting | faster, reliable webhosting