Tutorial Membuat Test – Untuk Pengajar

Kategori: Chamilo -> Pengajar | Tanggal posting: 2020-07-04 11:17:17 | Tanggal pengkinian: 2020-07-04 13:01:23 | Diposting oleh: Denny Muhardjo


Cara membuat test pada platform Chamilo


Tutorial Membuat Test – Untuk Pengajar

(bakti17.denny.id)

 

Pendahuluan

Tujuan dari artikel ini adalah sebagai panduan kepada pengajar yang sudah terdaftar untuk dapat membuat soal dengan tepat dan efisien menggunakan semua fitur yang telah tersedia. Membuat pertanyaan latihan di platform Chamilo ini sebenarnya cukup mudah dan fiturnya lengkat. Anda tidak hanya dapat membuat jenis pertanyaan pilihan berganda dan essay saja di sini, ada berbagai macam jenis soal/pertanyaan yang tersedia di platform ini.

Halaman situs mapel untuk test

 

Membuat latihan baru

Sebelum membuat soal test/latihan yang baru anda harus login dan kemudian masuk ke situs mapel anda. Klik Test untuk masuk ke halaman test.

Halaman test latihan

Pada halaman test/latihan ini anda akan melihat beberapa pilihan. Jika anda belum pernah membuat test/latihan di situs mapel, maka akan tampil ikon “+ Latihan Baru” dalam ukuran besar. Klik ikon Latihan baru untuk membuat latihan baru.

Latihan baru

Anda akan sampai pada halaman pembuatan test/latihan baru. Klik “Proceed to questions” untuk membuat soal menggunakan pengaturan standar platform. Klik “Advanced settings” untuk masuk ke pengaturan test/latihan.

 

Advanced Settings

Nama latihan feedback

Nama LatihanNama latihan/test anda
Deskripsi LatihanDeskripsi latihan/test anda
Feedback - At end of testFeedback (umpan balik) akan ditampilkan ketika siswa telah selesai menyelesaikan test/latihan
Feedback - Self-evaluation (immediate feedback)Feedback (umpan balik) akan langsung ditampilkan
Feedback - Exam (no feedback)Feedback (umpan balik) tidak akan ditampilkan

 

Show score to learner

Show score to learner
Mode evaluasi mandiri:Menampilkan apakah jawaban siswa benar atau salah dengan menampilkan jawaban yang seharusnya. Dan skor masing-masing soal dan skor total ditampilkan.
Mode Ujian:Skor maupun jawaban sama sekali tidak ditampilkan.
Mode latihanSkor masing-masing soal ditampilkan, per kategori (jika ada kategori soal)
Show score on every attempt, show correct answers only on last attemptHanya akan menampilkan skor pada setiap percobaan. Pada percobaan terakhir siswa akan ditampilkan skor dan jawaban yang seharusnya. (Opsi ini hanya bisa dilakukan jika anda menetapkan batasan berapa kali siswa akan mencoba test/latihan)
Jangan tampilkan skor tapi tampilkan umpan balik untuk setiap percobaan.Siswa hanya bisa melihat skornya pada percobaan terakhir.
Ranking mode:Siswa bisa melihat rangking (peringkat) skor yang dicapainya dibandingkan siswa lain. Akan tetapi, siswa tidak dapat melihat skor untuk masing-masing pertanyaan.
Hanya menampilkan skor global.Hanya menampilkan skor totalnya saja, skor untuk masing-masing soal tidak ditampilkan, koreksi jawaban tidak ditampilkan

 

Question per page

Opsi untuk memilih apakah soal akan ditampilkan pada satu halaman saja atau masing-masing soal akan ditampilkan per halaman.

 

Question selection type

Question selection type
Ordered by userSoal akan ditampilkan secara berurutan.
RandomUrutan soal akan ditampilkan secara acak.
Ordered categories alphabetically with questions orderedSoal ditampilkan berurut per kategori, dengan kategorinya diurutkan secara alfabet.
Random categories with questions orderedSoal ditampilkan secara berurut per kategori, akan tetapi urutan kategorinya akan diacak.
Ordered categories alphabetically with random questionsSoal ditampilkan secara acak per kategori, kategori akan diurut menurut alfabet.
Random categories with random questionsSoal akan ditampilkan secara acak per kategori, dan urutan kategori akan diacak.

 

pertanyaan acak random

Jika anda memilih “Random” pada opsi “Question selection type”, akan tampil opsi ini. Anda bisa memilih untuk tidak mengacak urutan soal, mengacak urutan semua soal, atau hanya mengacak urutan sebagian soal. Misalnya jika anda mempunyai 20 soal, anda dapat memilih 10. Maka sistem akan mengambil secara acak 10 soal dari total 20 soal untuk ditampilkan.

 

Display question category

Display questions categoryApakah menampilkan kategori soal (jika ada).
Shuffle answersApakah pilihan jawaban soal akan diacak.
Hide question titleMenyembunyikan judul soal. Disarankan agar anda menyembunyikan judul soal jika anda akan membuat soal yang cukup panjang, menggunakan gambar, video, audio, tabel, rumus matematika, atau format-format lain.
Max number of attemptsSeberapa kali setiap siswa diijinkan untuk mencoba menjawab test/latihan anda.

 

Enable start time end time

Enable start timeJika diaktifkan, anda dapat memilih kapan test/latihan anda dapat dikerjakan siswa.
Enable end timeJika diaktifkan, anda dapat memilih kapan batas waktu test/latihan anda. Jika batas waktu ini telah dilewati, maka siswa tidak akan bisa mengerjakan test/latihan ini.
Propagate negative results between questionsJika diaktifkan, anda dapat mempropagasikan hasil/skor siswa pada masing-masing soal.
Save the correct answer for the next attemptJika diaktifkan, siswa tidak perlu menjawab kembali soal yang telah dijawab dengan benar pada percobaan berikutnya.

 

Review my answer

Review my answersJika diaktifkan, siswa dapat meninjau ulang jawaban mereka.
Enable time controlJika diaktifkan, anda dapat memilih durasi atau seberapa lama siswa dapat mengerjakan test/latihan anda.
Total duration in minutes of the testDurasi atau waktu pengerjaan test/latihan.
Pass percentagePersentase kelulusan atau dengan kata lain KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari test/latihan ini.
Text appearing at the end of the testAnda dapat mengetik tulisan yang akan muncul ketika siswa telah selesai mengerjakan test/latihan. Disarankan untuk menulis kata-kata penyemangat atau minimal mengucapkan selamat atas usaha siswa dalam mengerjakan test/latihan anda.
Update this title in learning pathsJika anda sudah memasukkan test/latihan ini dalam learning path, anda dapat mengaktifkan opsi ini untuk mensingkronkannya dengan test/latihan di learning path.
Proceed to questionsJika anda sudah selesai, anda dapat mengklik ikon ini untuk menyimpan pengaturan test/latihan.

Setelah anda selesai mengatur pengaturan test/latihan dan mengklik ikon “Proceed to questions” anda dapat mulai untuk membuat soal.

Demikianlah tutorial “Tutorial Membuat Test – Untuk Pengajar” saya buat. Semoga berguna bagi semua pembaca. Nantikan kelanjutan tutorial ini di denny.id

 

Daftar Pustaka

https://docs.chamilo.org/en/


Affiliates:

Cloudmatika | Instant Trusted Advance Ardhosting | faster, reliable webhosting